Berita
Puncak Jaya Evaluasi Layanan Publik, Menuju Pelayanan yang Lebih Berkualitas
Puncak Jaya Evaluasi Layanan Publik, Menuju Pelayanan yang Lebih Berkualitas
Nomor Pers Release : 158/PR/DISKOMINFO/X/2025
Puncak Jaya, (Kamis, 23/10)_Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2025 sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Rapat ini dipimpin langsung oleh Plh. Sekda Risa Siswono, S.IP.,M.AP yang berlangsung di ruangan UKP Kantor Bupati Puncak Jaya dan dihadiri oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal terkait.
Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, memperkuat sinergi antarinstansi, serta mengevaluasi capaian kinerja pelayanan publik yang telah dilaksanakan selama satu tahun terakhir. Dalam sambutannya, Plh. Sekretaris Daerah Risa Siswono, S.IP., M.AP menegaskan bahwa tujuan utama dari pelayanan publik adalah untuk mengevaluasi capaian kinerja selama periode tertentu.
Pernyataan tersebut disampaikan di hadapan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal yang hadir dalam rapat. Menurut Risa, evaluasi bukan sekadar kegiatan administratif, melainkan bagian penting dari proses peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.
“Evaluasi kinerja pelayanan publik adalah fondasi untuk mengetahui sejauh mana kita telah memenuhi harapan masyarakat. Tanpa evaluasi, kita tidak akan tahu apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan,” ujar Risa.
Ia juga menambahkan bahwa hasil evaluasi akan menjadi dasar dalam menyusun strategi pelayanan yang lebih inovatif, efisien, dan berorientasi pada kepuasan publik.
Ditempat yang sama, Mewakili dari unit organisasi dan tata laksana (ortal) Glori menyampaikan apresiasi atas capaian satu tahun yang lalu, di mana Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) berhasil mendapatkan penilaian logos dari Kemenpan-RB.
“Satu Tahun lalu, Dinas Pendidikan dan Dukcapil telah mendapatkan penilaian. Itu merupakan suatu keberhasilan yang patut kita banggakan dan tahun ini tidak ada penilaian karena terkendala dianggaran, ” ujarnya.
Dirinya juga menekankan pentingnya persiapan dokumen dan pemenuhan standar pelayanan sebagai langkah strategis untuk meraih predikat LOGOS (Lokus Good Service) dari KemenPAN-RB dan nilai kepatuhan tinggi dari Ombudsman RI.
“Marilah kita bersama-sama meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Puncak Jaya agar mendapatkan LOGOS dari KemenPAN-RB dan juga Ombudsman. Penilaian akan dilakukan di pertengahan tahun, jadi mulai hari ini mari kita persiapkan dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan,”pungkasnya(*)