DINAS KESEHATAN ADAKAN SOSIALISASI 1000 HARI BAGI IBU HAMIL

0

Mulia_Butinggen Telnggen, S.Kep. M.Kes selaku kepala dinas kesehatan Kabupaten Puncak Jaya membuka secara langsung 1000 hari kehidupan bagi ibu – ibu di kampung wiyukwi disrtik Mulia Kabupaten Puncak Jaya jumat (13/10).

 Dalam sambutan Kepala Dinas sekaligus membuka Sosialisasi menyampaikan bahwa “Sebagai kepala dinas kesehatan saya menyampaikan maksud kegiatan ini terselenggara dengan menggunakan Dana Otonomi Khusus program ini dilakukan bukan di Kabupaten Puncak Jaya saja namun juga dilakukan di beberapa kabupaten /kota, kegiatan ini juga telah diadakan tahun lalu 2015/2016 di 2 Distrik yaitu Distrik Tingginambut dan Distrik Ilu di situ ada 4 kampung. Namun untuk tahun 2017 dilakukan di Distrik Mewoluk, Distrik Mulia, dan Disrtik Yamo. Untuk saat ini dilakukan di Distrik Mulia, beliau menyampaikan  kegitan ini termasuk dalam DPA Tahun 2017, bukan saja untuk ibu hamil kegiatan ini juga dilakukan untuk perbaikan Gizi terhadap bayi balita dibawa usia 2 tahun.Jelas Butinggen.

 Ditambahkan Butinggen Untuk sasaranya kami berharap dari satu kampung 50 orang berdasarkan DPA tetapi yang hadir lebih dari 50 yaitu 60-80 orang. Harapan kami  kedepan tidak hanya terputus disini namun kegiatan ini akan berlanjut.Ujar Butinggen.

 Materi sosialisasi 1000 hari kehidupan disampaikan  Ibu Elisabet Elabi.Dalam materi yang disampaikan tentang apa yang maksud dengan 1000 hari kehidupan yaitu masa konsepsi – masa Embrio – perkembangan janin. 270 hari selama hamil ditambah dengan 730 pada bayi lahir (2 tahun) = 1000 hari  dan kehidupan dalam 1000 HPK ada 10 Pesan diantaranya: Ibu hamil harus mengucap syukur kepada Tuhan terhadap kehamilannya, selama hamil harus mengkonsumsi makanan bergizi, periksa kehamilan 4 kali selama hamil, minum obat tablet tambah darah, persalinan harus ditolong Bidan/Dokter & langsung diberi ASI (IMD), ASI Ekslusif selama 6 bulan, timbang bayi rutin setiap bulan, wajip imunisasi dasar, lanjutkan ASI hingga 2 tahun, makanan tambahan secara bertahap pada usia 6 bulan ke atas.Jelas Elisabet Elabi.

 

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply

Web Design BangladeshBangladesh Online Market